OpenBTS

Share this history on :
INI adalh project Teknik Suitsing. (tau jadi ap nda)


Apa sih OpenBTS itu?
OpenBTS adalah aplikasi BTS (Base Transceiver Station) yang berjalan pada platform linux dan merupakan perangkat lunak terbuka. OpenBTS menggunakan sebuah perangkat keras yang bernama USRP (Universal Software Radio Peripheral). Perangkat inilah yang menghubungkan openBTS dengan jaringan standar telepon selular (GSM). OpenBTS juga menggunakan perangkat lunak terbuka asterisk untuk menginterkoneksikan dengan jaringan telepon lainnya seperti PSTN (Public Switched Telephone Network) ataupun operator telekomunikasi lainnya dengan menggunakan VoIP (Voice over IP).
Photobucket
Riset ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama, namun karena biaya yang dibutuhkan cukup besar, sehingga teman-teman di AirPutih harus bersabar untuk bisa melakukan riset ini. Riset ini membutuhkan biaya pada kisaran angka 10-15 juta rupiah. Perangkat yang paling mahal adalah sebuah perangkat keras yang bernama USRP (Universal Software Radio Peripheral). Biaya ini kami dapatkan dari beberapa donasi lembaga dan perorangan pada saat terjadi bencana gempa & tsunami di Mentawai.
Rencananya setiap tahapan riset ini akan dipublikasikan di Make It Fossible, saat tulisan ini dibuat baru ada 3 tulisan di sana, pelan-pelan kami akan tambahkan beberapa tulisan di sana :). Selain di sana, beberapa tulisan dan oprekan OpenBTS bisa diintip di wiki milik kang Onno.
Terus buat apa OpenBTS ini?
Rencananya sih, kalau memungkinkan, teman-teman di AirPutih berkeinginan untuk menerapkan ini di wilayah bencana. karena dari pengamatan AirPutih, pada saat terjadi bencana (khususnya gempa bumi) sering sekali telekomunikasi suara (selular) tidak berfungsi dengan baik (kalo gak boleh dibilang mati). Hal ini bisa disebabkan tower/BTS yang rubuh, tidak adanya pasokan listrik atau juga karena gangguan telekomunikasi lainnya. Dan menurut kami, OpenBTS bisa jadi alternatif telekomunikasi darurat di wilayah bencana.
DETAIL NA NI >>: Make It Fossible
Oh iya, perkembangan ngopreknya sampai dengan saat ini adalah antar telpon selular sudah dapat terhubung di dalam internal network OpenBTS dan saat ini kami sedang usahakan untuk terhubung ke PSTN/GSM melalui operator VoIP yang sudah memiliki ijin ITKP (Internet Telephony untuk Keperluan Publik).
0 Respect:

Posting Komentar

No Rule's ! but please create your own rule with good rules _.


HTML Counter


free counters

Followers

Google-Translate-Chinese (Simplified) BETA Google-Translate-English to French Google-Translate-English to German Google-Translate-English to Italian Google-Translate-English to Japanese BETA Google-Translate-English to Korean BETA Google-Translate-English to Russian BETA Google-Translate-English to Spanish